Budaya Thrifting: Inspirasi Thrift Hingga Menjadi Brand Sendiri

Budaya Thrifting: Inspirasi Thrift Hingga Menjadi Brand Sendiri

Budaya thrifting di Indonesia sudah melekat dengan masyarakat. Saat ini, perkembangan thrifting termasuk tinggi di tanah air. Hal ini juga didukung dengan produk impor legal maupun non ilegal yang masuk ke Indonesia. Namun, budaya thrifting ini juga berdampak pada Industri Tekstil Produk Tekstil (TPT).

Fenomena produk impor ilegal akan mempengaruhi secara langsung keseluruhan industri TPT di tanah air. Hal ini juga menjadi alasan Kemendag menginisiasi satgas impor ilegal untuk menanggulangi masalah produk impor ilegal. Dengan adanya satgas tersebut, harapannya industri TPT tanah air bisa berkembang secara signifikan. 

Hubungan budaya thrifting dengan produk impor ilegal memang sudah sangat melekat. Namun dalam jangka yang panjang, thrifting dan produk impor ilegal tidak bisa dijadikan bisnis usaha yang akan bertahan dalam jangka waktu yang panjang. Hal ini karena permintaan orang terhadap suatu produk kadang berubah-ubah, termasuk dalam budaya thrifting itu sendiri.

Baca juga: Industri Tekstil Produk Tekstil (TPT): Masalah, Harapan, Solusi

Salah satu pengusaha muda yang sukses beralih dari thrifting hingga memiliki brand sendiri yaitu Teguh Sasmito. Beliau mengawali perjalanan bisnis nya dari usaha thrifting, hingga sekarang memiliki brand sendiri bernama “Los Capitanos” yang cukup sukses. Salah satu alasan dia ingin beralih adalah karena melihat usahanya yang jangka panjang.

Hingga saat ini, bisnis yang Teguh jalani sudah masuk pada pesanan dengan kuantiti yang besar. Hal inilah yang bisa dijadikan contoh, bahwa usaha thrifting tidak bisa menjadi bisnis yang akan bertahan dalam jangka waktu yang panjang. Teguh adalah salah satu orang yang sadar bahwa memiliki nama brand sendiri akan lebih berdampak padanya daripada bergantung dengan budaya thrifting.

Disinilah peran Poolapack berada, dengan mendukung dimana semua orang bisa mudah memulai bisnis dan nyaman untuk berkembang. Mengusung #DariPabrikHargaPabrik, Poolapack menyediakan berbagai jenis kain andalan dengan harga yang sama seperti membeli langsung dari pabrik. Bermitra dengan kurang lebih 15 pabrik, Poolapack siap menyediakan kebutuhan bisnis pakaian anda.

Baca juga: Pergeseran Budaya Lokal, Kolaborasi Budaya “Impor”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *