Intan: Siapa Konsisten Dia yang Menang

Webinar kewirausahaan yang diadakan oleh Universitas Kristen Maranatha bersama Poolapack GB Marketplace

Intan: Siapa Konsisten Dia yang Menang

Bandung (11/03) – Chief Operating Officer (COO) Poolapack – GB Marketplace Intan Sandra, memberikan pemaparan mengenai proses dalam mengawali sebuah bisnis di sektor fashion. Hal tersebut disampaikan dalam kegiatan webinar dengan tema “How to Start in Fashion Industry” yang diselenggarakan oleh mahasiswa D3 Fashion Design Universitas Kristen Maranatha.

 

Alumni Universitas Pelita Harapan ini mengawali diskusi dengan  memberikan penjelasan mengenai bagaimana menyiapkan sumber daya sebelum melakukan sebuah bisnis.

 

“Memulai usaha baru tentu kita perlu sumber daya yang memadai, agar mampu berkembang dan bersaing di tengah kerasnya kompetisi bisnis saat ini. Terutama jika kalian yang ingin membuka usaha di level high end, maka tentu diperlukan effort yang lebih besar, baik dari menentukan produk seperti apa, penentuan harga, branding produk, manajemen sumber daya manusia hingga pengelolaan sosial media,” ujar Intan.

 

Lanjut Intan yang sekaligus merupakan seorang entrepreneur, step selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah proses produksi dan eksekusi dari ide usaha yang telah ditentukan sebelumnya.

 

“Nah, jika tadi kita sudah mengetahui seberapa pentingnya sebuah sumber daya untuk membuka suatu bisnis, maka selanjutnya adalah melakukan produksi dan eksekusi. Pada tahap ini tentu kalian membutuhkan ketelitian, karena akan berhubungan dengan berbagai pihak luar. Selain itu juga, diperlukan mini survey dan pengamatan untuk mengetahui respon terhadap produk serta harga kompetitif seperti apa yang harus ditentukan,” kata Intan.

 

Intan yang juga seorang trader di bidang tekstil menambahkan, bahwa menjadi seorang pebisnis 

harus mengetahui seluruh elemen dan aspek agar mampu mengembangkan bisnis yang sedang dijalankan. Selain itu, hal tersebut untuk menghindari berbagai penipuan yang kerap ditemukan dalam dunia bisnis.

 

Dan di akhir sesi, Intan menyampaikan pesan kepada para peserta webinar untuk terus konsisten agar mampu mencapai tujuan dari bisnis yang hendak diciptakan.

 

“Bagi teman-teman semua, jika ingin memulai suatu bisnis, maka satu hal yang perlu diingat adalah konsistensi dalam berbisnis. Karena siapa yang konsisten, maka dia yang menang. Dan jangan lupa untuk terus mencintai produk lokal. Sehingga harapannya, kalian bisa membawa produk lokal semakin dikenal di pasar global,” tutup Intan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *