Pertumbuhan Industri Tekstil Pada Pertengahan Tahun 2024

Pertumbuhan Industri Tekstil Pada Pertengahan Tahun 2024

Pertumbuhan tekstil di Indonesia tercatat mengalami kenaikan setiap tahun. Namun kenaikan ini dilandasi oleh proses aktivitas manufaktur yang terus meningkat. Dilansir dari Kemenperin, tingkat Purchase Manager Index (PMI) atau aktivitas peningkatan tindak ekonomi pada tahun 2023 mengalami kenaikan. Hal ini menandakan masih gencar optimisnya manufaktur tekstil untuk melakukan tindak produksi.

Selanjutnya, penghasilan yang didapat manufaktur tekstil Indonesia tidak sesuai dengan tindak produksi yang dilakukan. Hal ini karena terdapat ancaman yang disebabkan oleh barang impor ilegal. Penyebab pendapatan industri tekstil merosot adalah banyak dan meluasnya barang impor ilegal di pasaran. 

Padahal, Industri Tekstil Produk Tekstil (TPT) merupakan salah satu kontribusi terbesar untuk perekonomian nasional. Maka dari itu, pemerintah masih harus menjalankan program dan kebijakan strategis untuk terus mendukung sektor TPT.

Oleh karena itu, Indonesia menjalin kerja sama dengan Singapura mengenai investasi manufaktur tekstil yang ada di daerah Kendal Industrial Park, ekonomi hijau, hingga Ibu Kota Nusantara (IKN). Kerja sama ini tentu bagian dari program dan kebijakan pemerintah pusat untuk terus mendukung pertumbuhan industri tekstil di Indonesia.

Dengan adanya kerja sama investasi antar negara, tingkat awareness dan knowledge dari produk hingga produksi tekstil di Indonesia memiliki kesempatan untuk dikenal lintas negara. Selanjutnya, hal ini tidak hanya akan mendukung pertumbuhan tekstil tanah air saja, namun juga meningkatkan nilai dari produksi tekstil dalam negeri untuk melawan produk impor ilegal yang masuk ke dalam negeri.

Mendukung perkembangan tekstil, Poolapack hadir untuk mendukung nilai pertumbuhan perekonomian di Indonesia. Berfokus pada industri tekstil, Poolapack merupakan Group Buying marketplace pertama di Indonesia yang diciptakan sebagai penghubung antara industri dan end user.

Dengan tagline #DariPabrikHargaPabrik, setiap individu dari berbagai kalangan dapat memiliki produk di seluruh rantai nilai dan pasokan secara end-to-end dengan lebih mudah dan terjangkau. Poolapack menciptakan ekosistem dimana bisnis dalam semua skala mudah untuk memulai, dan nyaman untuk berkembang.

Baca artikel lainnya mengenai “Quarter 2 2024, Pengusaha Konveksi : Masih Susah Cari Kain!” disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *